Selasa, 28 Oktober 2014

Jenis-jenis Oli Pelumas

Kita sebagai pengendara tentunya harus tahu juga bagaimana cara merawat kendaraan yang kita gunakan, salah satu yang paling penting untuk menjaga performa mesin adalah oli pelumas. Bayangkan jika kendaraan kita mengalami kekurangan oli pelumas, mesin kendaraan kita akan hancur. Untuk itu kita harus mengenali beberapa jenis oli pelumas untuk kendaraan, diantaranya adalah:
oli pelumas
1. Oli Pelumas Mesin
Oli pelumas mesin berfungsi untuk melumas mesin untuk mengurangi terjadinya gesekan – gesekan antar komponen yang berada di dalam mesin agar komponen tersebut tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Oli pelumas mesin memiliki kekentalan yang berbeda-beda, dapat dilihat dari kode Society of Automotive Engineers SAE. Contohnya, jika tertulis 5W-30 pada kemasan oli , huruf “W” berarti winter. Dengan kata lain, Oli tersebut akan akan tetap berada di kekentalan 5 dan akan berada di kekentalan 40 di suhu yang panas.
2. Oli Pelumas Transmisi
Oli transmisi juga salah satu factor penting untuk kendaraan kita, oli transmisi berfungsi untuk memperlancar pergerakan transmisi di mesin agar kinerja kendaraan untuk melaju juga berjalan lancar. Namun untuk oli transmisi memiliki jangka waktu yang lebih panjang disbanding dengan oli mesin, penggantian oli transmisi dilakukan setiap 10.000km.
3. Oli Pelumas Gardan
Oli gardan memiliki fungsi yang tidak jauh beda dengan oli transmisi. Oli gardan juga memiliki karakter yang kurang lebih sama dengan oli transmisi. Namun, fungsi oli gardan juga sama pentingnya dengan oli mesin. Penggantian oli gardan bisa dilakukan setiap jarak tempuh 20000km.
4. Oli  Pelumas  Rem
Mungkin orang lebih banyak mengenal oli rem dengan sebutan minyak rem, komponen utama yang tidak kalah penting selain oli mesin adalah oli rem atau minyak rem. Oli rem ditempatkan pada master rem agar kinerja rem berjalan lancar. Jika oli rem habis maka rem pada kendaraan kita tidak berfungsi.
5. Oli  Pelumas Power Steering
Salah satu komponen yang penting untuk kendaraan kita adalah oli power steering. Kinerja Power Steering didukung oleh oli yang berfungsi hidrolis untuk memudahkan pengemudi mengendalikan steering wheel. Jika kendaraan kita tidak didukung oleh oli yang cocok untuk steer, maka steer kendaraan kita akan terasa tidak nyaman.
Bagaimana? Sudah mengenal jenis oli yang ada di dalam kendaraan kita? Jika anda biasa berkendara dengan mobil, maka anda harus mengenal karakter dan jenis oli tersebut agar kita tidak menemukan masalah pada mobil anda.

Fungsi Oli Mobil

Oli mobil memang banyak ragam dan macamnya. Bergantung jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah atau mengawetkan usia pakai (life time) mesin.
Fungsi utama oli adalah sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan.  Oli mobilberfungsi meminimalisasi gesekan-gesekan antar logam (komponen mesin) sehingga gerakan mesin menjadi halus  atau sedikit hambatan. Bila gesekan yang terlalu kasar antar komponen mesin  bisa merusak bagian-bagian mesin.
Oli Castrol Edge
Fungsi lainnya yaitu sebagai pendingin mesin, panas yang terjadi akibat pembakaran pada ruang bakar akan merambat ke dalam mesin, dan panas akibat gesekan antar komponen dalam mesin juga menambah suhu di dalam mesin. Sebagai pendingin oli sangat berperan besar dalam menjaga komponen mobil dalam performa yang baik, panas yang terlalu tinggi (over heat) akan merusak komponen-komponen dalam mesin yang secara kimiawi dapat merusak ikatan logam dan secara fisikawi dapat menyebabkan pemuaian pada komponen mesin.
Fungsi oli sebagai pelindung mesin, oli mobil melindungi mesin dari gesekan antar komponen dalam mesin dan juga melindungi mesin dari korosi (karat), fungsi oli di sini mencegah reaksi oksidasi pada komponen-komponen mesin dan menghilangkan reaksi kimiawi logam dengan panas saat pembakaran yang bisa menyebabkan korosi komponen.
Fungsi oli sebagai pembersih, kotoran dapat masuk melalui sela-sela ring dan terjadi sisa pembakaran mesin yang menghasilkan kerak, kerak atau kotoran tersebut akan dilarutkan oleh oli (pelarut kotoran) atau bercampur dengan oli yang selanjutnya akan dibuang bersama oli saat pergantian oli mesin.
Kendaraan dengan kondisi prima merupakan keinginan setiap pemilik kendaraan. Oleh karena itu Castrol untuk menghadirkan produk oli premium Castrol Edge. Oli full synthetic ini menggunakan formula khusus yang mampu memberikan 7 manfaat perlindungan sekaligus perawatan mesin, yaitu:
1.     Adiptif khusus pada Castrol Edge berfungsi mengurangi efek pengerusakan yang terjadi saat mesin bekerja
2.     Menetralkan asam
3.     Mengurangi oksidasi sehingga menjaga komponen metal agar selalu solid seperti adaptasi cuaca ekstrim
4.     Menjaga kebersihan mesin dengan kandungan aditif, ditergen, dan diseprant,
5.     Memberikan tenaga maksimal
6.     Penghematan bahan bakar
7.     Menjaga temperature
Sebagai produk andalan dan berkelas premium, Castrol memposisikan Edge di atas produk Castrol lainnya, yaitu Magnatec dan GTX.
oli bagus
Mesin diesel merupakan mesin yang memiliki bobot yang sangat besar sehingga jika mesin itu dioperasikan akan menghasilkan suara yang sangat bising dan keras. Mesin diesel merupakan mesin yang memiliki daya tahan yang lama dalam kata lain dapat dijalankan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Mesin diesel merupakan mesin yang memiliki efisiensi panas yang lebih besar dibandingkan dengan mesin bensin. Mesin diesel merupakan mesin bertenaga yang hemat akan bahan  bakar tetapi memerlukan penanganan dan perawatan yang lebih cermat daripada mesin bensin. Harga untuk mesin diesel biasanya selalu lebih mahal daripada mesin bensin.
Tentunya kita tahu bahwa mesin diesel itu sangat efektif untuk mobil yang memiliki dapur pacu tinggi seperti pada v8 atau pun v6 , dimana merupakan mesin diesel yang di modifikasi sehingga lebih banyak memiliki tabung udara. Dibalik semua itu tentunya tidak luput dari perannya sang Oli bagus untuk mendukung si mesin diesel itu.
Oli yang dikatakan oli bagus disini berperan untuk mempermudah pergerakan antar komponen mesin sehingga pada saat mesin beroperasi, pergesekan antar komponen mesin tidaklah kasar. Bisa dapat kita bayangkan bagaimana jika sebuah mesin tanpa oli bagus, apalagi mesin diesel yang dimana sistem operasinya lebih intens daripada mesin bensin, apakah yang akan terjadi ? Mesin itu akan tidak akan bertahan lama, hancur dan akan terjadinya turun mesin. Disini kita tentunya sudah tahu bahwa betapa pentingnya oli itu untuk mesin diesel.

Ganti Oli Motor Anda

 on September 11, 2013 in Uncategorized | No Comments »
Mau hemat dan belajar sendiri bagaimana merawat mesin Anda sendiri? Mulailah dari mengganti oli motorAnda sendiri. Sangat mudah dan hemat, dantidak memerlukan banyak peralatan.
  1. Siapkan tempat. Ini adalah tahap terpenting. Anda harus menyiapkan segalanya termasuk peralatan dan rak. Anda tidak akan mau kerepotan mencari peralatan tersebut ketika mengganti oli motor.
  2. Berdirikan motor Anda. Keringkan oli lama tampung ke dalam satu wadah. Hati-hati jika mesin masih panas.
  3. Biarkan oli lama mengalir keluar ketika Anda melepaskan penyaring oli motor.
  4. Gunakan penyaring oli motor baru. Memang harganya agak mahal tetapi itu merupakan asuransi yang murah bagi motor Anda.
  5. Tutup kembali lobang pembuangan oli lama.
  6. Siapkan penyaring oli baru dengan menuangkan 1/4 oli motor baru. Pastikan penyaring dipasang dengan erat dan dapat dilepaskan pada pergantian oli motor berikutnya.
  7. Bersihkan penyaring dengan tangan kosong tanpa alat apapun. Anda tidak perlu memasangnya terlalu erat, sekitar 3/4 putaran saja sudah cukup.
  8. Jika Anda belum memindahkan oli lama yang kotor, hati hati jangan tumpahkan! Isilah oli baru dengan jumlah yang sesuai dengan buku petunjuk motor Anda.
  9. Bersihkan secara keseluruhan dari luar. Kencangkan semua tutup dan baut. Dan buanglah oli lama ke tempat daur ulang oli.
  10. Terakhir, pastikan lagi penyaring, tutup mesin tertutup rapat seperti pertama kali Anda membeli motor Anda.
  11. Selamat pergantian oli motor sudah selesai!
Hari-hari dimana seorang pengendara harus melakukan perawatan bengkel pada mobilnya sudah berlalu. Semua mobil modern didesain untuk meminimalisir perawatan, namun faktanya mobil modern tidak bertahan lebih lama daripada mobil lama.Karena itu sebagian besar perusahaan manufaktur menawarkan kerjasama garansi dengan harga lebih.
oli mesin
Pengecekan rutin dapat membantu memperpanjang umur mobil Anda.
Perawatan dasar dapat membantu mobil Anda berjalan lebih efisien dan menjaganya tetap lancar tanpa masalah.
Cara terbaik dalam memulai perawatan dasar adalah buku petunjuk kendaraan. Buku petunjuk kendaraan akan memuat apa yang dibutuhkan beserta detilnya bagaimana cara menggunakannya. Beberapa mobil modern memiliki analisis dalam bagaimana mobil digunakan dan menentukan kapan mobil harus dirawat, namun jarang.
Pada umumnya mobil memiliki waktu interval perawatan yang pasti yaitu antara 6000 dan 20000 miles, ataupun setiap 10000 miles atau 12 bulan. Jika Anda telat dalam merawat mobil Anda, mobil Anda lebih rentan terhadap kerusakan dan garansi tidak berlaku.
Di tengah perawatan tersebut Anda juga harus mempertimbangkan beberapa teknik perawatan. Bagaimana cara Anda berkendara contohnya, akan mempengaruhi umur mobil Anda. Mungkin terdengar aneh, tetapi berkendara dengan lambat dapat merusak mesin Anda. Mobil Anda membutuhkan temperatur maksimal untuk membantu kondensasi untuk mencegah terbentuknya endapan di dalam oli mesin mobil.

Berkendara dengan stabil dapat menjadi keuntungan. Cobalah tidak terlalu brutal dengan gigi, rem, dan stir. Gerakan yang agresif yang tidak diperlukan dapat merusak mobil. Jika Anda menghadapi lampu merah berhentilah secara perlahan daripada berenti mendadak dari kecepatan tinggi. Pemasan saat pertama kali juga penting, memberikan kesempatan bagi oli mesin untuk hangat terlebih dahulu.
Pastikan, air washer cukup dan stik wiper juga dalam keadaan baik, juga merupakan ide yang bagus untuk menggunakan screen wash daripada air. Cek oli mesin ketika mobil dingin, dan filter oli mesin harus sering diganti. Anda harus memastikan semua lampur pada mobil bekerja.
oli mesin
Sebagian besar manufaktur merekomendasikan AC mobil diservis setiap 2 tahun. Anda harus paling tidak menjaganya. Pencucian sederhana juga membantu menjaga mobil Anda terlihat mengkilat dan keren.  Perawatan-perawatan sederhana tersebut tidak menjamin Anda bebas dari kerusakan tetapi setidaknya membantu merawat mobil Anda.
Petunjuk Memilih Oli Mesin
oli mesin
Oli Mesin adalah darah bagi mobil Anda, Anda memerlukan jumlah oli yang tepat agar mesin Anda dapat berjalan dengan mulus dan tidak mengalami kerusakan. Menemukan oli yang tepat dapat memusingkan dengan berbagai merk dan tipe yang beredar.
Petunjuk ini akan membantu Anda dalam memilih oli dengan mudah.
Pertama, Apa jenis oli untuk mesin Anda?
Terdapat 3 jenis oli mesin.
Setiap mesin memiliki satu jenis oli mesin yang dibutuhkan agar mesin dapat bekerja. Perbedaan utama pada oli-oli tersebut adala kekentalannya:
Contohnya, Anda dapat menemukan oli dengan tipe “5w30″.
5w menandakan kekentalan oli saat suhu dingin, dan 30 menandakan kekentalan oli saat mesin berjalan, semakin rendah akan membuat mesin modern semakin efisien.
Selain kekentalan dari oli, terdaoat 3 perbedaan besar pada oli mesin:
Oli Mineral – Oli untuk kendaraan tua, memberikan proteksi dasar dan tidak disarankan untuk kendaraan modern.
Oli Campuran – Merupakan campuran dari oli mineral dan oli sintetik
Oli Sintetik – Oli ini menyediakan perlindungan maksimal bagi mesin Anda. Oli ini bekerja dengan baik, baik dalam suhu rendah maupun tinggi.
Apa oli yang dibutuhkan mobil saya?
Anda dapat mencari online apa oli yang dibutuhkan berdasarkan merk dan tipe dari kendaraan Anda. Jika Anda di bengkel jangan ragu untuk bertanya dengan mekanik profesional apa oli yang dibutuhkan.
“Memilih oli mesin itu mudah!”
oli motor
Oli Konvensional
Oli konvensional atau oli non-sintetis adalah oli motor “original”, Biasanya digunakan di kendaraan tua dan kendaraan dengan performa rendah.Sederhananya, oli konvensional adalah minyak mentah yang telah disaring. Beberapa oli konvensional yang dijual sekarang dibuat dengan bahan tambahan yang sangat sederhana untuk melindungi mesin. Oli konvensional juga terlihat lebih kental daripada oli sintetis dan akan membuat tekanan yang lebih tinggi di dalam mesin, dan merupakan suatu keuntungan. Namun, oli konvensional jauh lebih cepat rusak dari oli sintetis dan harus diganti lebih sering untuk mencegah kerusakan mesin. Efek samping dari oli konvensional lainnya adalah jauhnya karakteristik oli dalam perbedaan suhu dingin dan panas.
Inilah mengapa dilakukan pengetesan terhadap berbagai macam oli yang berbeda pada waktu yang berbeda dalam setahun. Sebagian besar orang akan menggunakan oli yang lebih kental pada saat musim panas dan oli yang lebih tipis saat musim dingin. Pada dasarnya, oli motor konvensional mempunyai banyak macam variasi tergantung suhu. Hal ini tentu saja membuat mereka sulit diprediksi dan perlindungan mesin tidak dapat dikontrol. Inilah mengapa oli motor sintetis yang dipasarkan bagi masyarakat.
Oli Sintetis
Oli motor sintetis adalah oli dengan teknologi sains tercanggih yang ditemukan di labolatorium. Formula dari oli motor sintetis terus diteliti dan ditingkatkan. Faktanya, oli sintetis biasanya digunakan di kendaraan militer dan pesawat jet. Oli sintetis dirancang untuk tidak rusak dan menghasilkan perlindungan yang konsisten pada setiap temperatur.Inilah mengapa oli motor konvensional sering digunakan sebagai standar mesin mesin mobil terbaru. Oli motor sintetis juga dibuat dengan zat tambahan lebih yang membantu melindungi mesin kendaraan Anda.
Mengganti Oli motor konvensional menjadi oli motor sintetis? Jangan dilakukan!
Pada point ini mungkin Anda berpikir, “Saya akan mengganti oli motor saya menjadi oli sintetis dari oli motor konvensional.” Saya menyarankan Anda untuk tidak melakukannya dengan alasan berikut. Banyak orang yang mengganti ke oli motor sintetis pada kendaraan lama mereka karena keuntungan yang ditawarkan, namun karena oli motor sintetis bersifat lebih tipis menyebabkan oli keluar dari tutup mesin dan merusak mesin. Selain itu penggunaan oli sintetis pada mesin lama juga menyebabkan bunyi yang berisik. Saya menyarankan ikutilah oli motor yang disarankan oleh buku manual manufaktur.
Apa oli pelumas yang terbaik untuk mobil Anda?
oli pelumas
Jadi, Anda sedang dalam tahap memilih oli bagi mobil favorit Anda, Anda dapat melihat berbagai macam tampilan oli dengan kemasan yang menarik dengan angka yang bervariasi. Saat ini mungkin Anda berpikir, oli mana yang paling tepat untuk situasi kendaraan Anda? Apa Oli pelumas yang dibutuhkan kendaraan saya? Terdapat jenis 40W dan 50W oli tersebar di produk produk oli pelumas. Anda mungkin langsung memilih 40W. Mengapa? Mungkin Anda memilihnya setelah Anda menonton Fast and the Furious film mobil balap kesayangan Anda.
Hari ini, kita akan mengklarifikasikan apa itu oli pelumas, tipe dari oli, bagaimana oli dibuat, apa tujuannya, dan apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih oli. Oli pelumas memiliki fungsi utama sebagai pelicin. Setiap komponen yang bergerak membutuhkan sesuatu untuk mengurangi gesekan agar dapat tetap bergerak bebas. Ini adalah fungsi utama yang paling penting dari oli. Sebenarnya oli pelumas sangatlah sederhana. Oli yang beredar sekarang berupakan hasil dari sains dan magic. Tipikal oli pelumas berbahan dasar 2 komponen: minyak dan bahan tambahan.
Oli juga berperan sebagai pembersih di dalam mesin Anda. Caranya adalah oli mengalir melewati celah celah mesin mobil. Oli tersebut juga turut mengakut kotoran dan serbuk logam hasil gesekan dari mesin yang terus memompa. Itulah salah satu alasan mengapa kita perlu mengganti saringan minya setiap kali kita mengganti oli. Dan itulah penyebab oli bekas terlihat hitam dan berbau hangus.
Oli pelumas merupakan bagian penting dari mesin sebagai pendingin. Hal ini mungkin menjadi kejutan karena orang berpikir coolant, radiator, dan kipas yang membuat mesin tetap dingin, memang benar. Tetapi oli juga merupakan aspek penting dalam pendinginan. Sama seperti coolant, oli pelumas juga bergerak melewati sistem pendinginan. Membawa mobil dengan kecepatan tinggi akan mengakibatkan panas yang lebih pada mesin, membuat oli pelumas menjadi aspek penting dalam pendinginan. Oli akan melewati bagian yang disebut “Oil Pan” yang terus didinginkan oleh kipas yang terdapat di bawah mobil. Mobil-mobil modern biasanya terdapat pendingin oli pelumasnya sendiri.
Jadi, oli pelumas sangat sederhana tidak seperti yang Anda pikirkan. Oli pelumas juga memiliki fungsi penting dan saya berharap setelah membaca artikel ini Anda dapat lebih mengerti tentang oli pelumas.
oli bagus
Bagaimana cara memilih oli bagus bagi kendaraan Anda :
Pertama, yang perlu Anda ketahui adalah apakah oli yang digunakan kendaraan Anda oli conventional atau oli synthetic. Buku manual kendaraan Anda pasti memberikan informasi ini untuk Anda. Jika Anda kehilangan buku manual kendaraan, tanyakanlah perusahaan manufaktur kendaraan atau coba cari di internet. Setelah Anda mengetahui apa tipe oli yang digunakan kendaraan Anda, saatnya Anda mencari tahu kekentalan yang terbaik untuk kendaraan Anda. “Biasanya oli bertipe 5W-40 adalah oli khusus bagi kendaraan yang membutuhkan perlindungan lebih.”
Di bawah ini merupakan contoh petunjuk dari perusahaan manufaktur dalam membantu memilih oli bagusbagi kendaraan mereka.
Kendaraan: 2000 BMW 528i
Oli yang direkomendasikan: 5W30 or 5W40
BMW’s Oil specification: BMW LL-01 Full synthetic
Untuk mobil 2000 BMW 528i, BMW memberikan 2 rekomendasi oli bagus. Hal ini merupakan hal yang tidak biasa bagi sebagian besar manufaktur. Hal ini dilakukan dengan suatu alasan.
Oli 5W-30
Oli ini akan menghasilkan proteksi panas yang baik bagi mesin dan ideal untuk daerah beriklim dingin. Oli bagus ini adalah standar dari mobil ini dan oli dasar yang diisi dari pabrik. Oli ini juga ideal untuk penggunaan sehari-hari dengan proteksi di segala kondisi.
Oli 5W-40
Oli bagus ini akan memberikan proteksi panas yang lebih baik dari 5W-30 dan ideal bagi kendaraan yang sering mengalami macet parah atau berkendara di iklim panas. Banyaknya Oli yang digunakan tidak ada takaran pasti dan dapat digunakan pada setiap kondisi, tetapi disarankan hanya digunakan untuk kendaraan yang membutuhkan proteksi tinggi.
Sertifikat Oli Bagus
Saya merekomendasikan menggunakan oli yang disarankan di buku manual manufaktur, jadi Anda dapat memastikan oli memberikan proteksi yang dibutuhkan kendaraan Anda. Mencari oli yang memenuhi syarat manufaktur juga terkadang membingungkan. Terdapat ratusan atau ribuan merk oli di pasaran. Selain dapat ditemukan di buku manual, mencari melalui internet juga mudah ditemukan. Berikut contoh-contoh oli bagus yang memenuhi standar mobil 2000 BMW 528i :
Castrol Syntec European Formula SAE 0W-30
Mobil 1 SAE 0W-40
Pennzoil Platinum European Formula Ultra SAE 5W-30
Valvoline SynPower SAE 5W-30
Pentosin Pento High 5W-30
Saya merekomendasikan oli-oli tersebut karena memenuhi standar buku manual 2000 BMW 528i.
Terakhir, mari bahas berapa lama pergantian oli harus dilakukan. Topic ini menjadi perdebatan di internet dan di antara pemilik mobil. Daripada berdasarkan waktu, beberapa orang mengganti oli berdasarkan jarak. Biasanya orang memilih untuk mengganti olinya setiap 3000 miles dan beberapa oli bagus dapat bertahan sejauh 15000 miles. Bagaimanapun juga saya menyarankan Anda untuk mengikuti buku manual dari manufaktur. Jika Anda ingin mobil Anda bertahan dengan lama, gantilah oli Anda dengan rutin. Mengganti oli adalah salah satu perawatan termurah dalam perawatan mobil.
oli mesin
Pelumas (oli mesin) pada mesin diesel memiliki fungsi utama untuk mengurangi gesekan / persinggungan langsung diantara dua permukaan komponen mesin yang saling bergerak dengan cara membentuk lapisan oli yang tipis (oil film) pada permukaan kedua komponen tersebut. Selain fungsi utama tersebut, oli mesin juga berfungsi sebagai :
• pendingin (penyerap panas komponen yang dilaluinya),
• perapat (pencegah kebocoran kompresi diantara ring piston dan selinder),dan
• pembersih (pelarut kotoran / partikel logam hasil gesekan).
Minyak oli mesin motor diesel diklasifikasikan berdasarkan viskositas (kekentalan) dan kondisi operasi. Menurut klasifikasi API (American Petroleum Institute), oli mesin diesel dibagi menjadi 4 yaitu : kode CA (diesel beban ringan), kode CB dan CC (diesel beban sedang) serta CD (diesel beban berat). Untuk klasifikasi berdasarkan viskositas biasanya ditandai dengan nilai SAE. Oli mesin yang biasanya digunakan untuk diesel generator adalah berkode CB atau CC dengan nilai kekentalan SAE 30 atau SAE 40. Untuk oli mesin jenis multigrade(kekentalannya tidak terpengaruh oleh suhu) biasanya berkode “W”. Dalam pemilihan oli mesin sebaiknya mengacu pada buku manual kendaraan diesel yang bersangkutan.
Bahan bakar mesin diesel generator pada umumnya adalah solar. Solar yang baik harus memenuhi kriteria :
•Tidak mudah menguap pada temperatur normal.
•Mudah terbakar pada suhu antara 3500C – 5000C,
•Tidak mudah membeku pada suhu yang dingin,
•Memiliki kekentalan yang memadai sehingga mudah disemprotkan olehinjector.
•Kandungan sulfurnya rendah.
•Memiliki daya pelumasan bagi pompa dan nozzle.
•Memiliki angka cetane (kemampuan mencegah knocking) yang memadai.
Sistem Pelumasan.
Sistem pelumasan pada mesin diesel generator berfungsi untuk mengurangi keausan komponen-komponen mesin yang bergerak (bergesekan) dengan membentuk lapisan tipis yang disebut oil film pada permukaan komponen mesin tersebut. Secara umum sistem pelumasan diesel generator termasuk kategori sistem pelumasan tekan atau sirkulasinya dilakukan dengan bantuan pompa sirkulator.Komponen-komponen utama sistem pelumasan motor diesel generator antara lain : panci minyak pelumas atau karter (oil pan), saringan kasar (oil screen), pompa oli(oil pump), saringan oli (oil filter), indikator oli pelumas (oil signal) dan saluran-saluran penyalur oli mesin ke komponen mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar